Serie Vespa Klasik Usungan Piaggio Memasuki Generasi Ke 4 Skuter

Share info

Dihentikannya produksi Vespa New PX dalam tahun 2017 di Indonesia, seakan habislah jajaran serie-serie Vespa Klasik yang akan hadir dalam generasi skuter selanjutnya. Namun apabila diperhatikan satu tahun kebelakang sebelum discontinuenya Vespa New PX, sebenarnya telah terindikasi serie Vespa Klasik lanjutan yang disiapkan oleh Piaggio memasuki generasi skuter berikutnya.

Untuk diketahui bersama bahwa saat ini dunia skuter telah memasuki generasi ke empat dengan hadirnya skuter berbasis listrik. Dalam rangka memperingati 70 tahun Vespa di tahun 2016, Piaggio mengeluarkan serie-serie special editionnya. Ada 2 serie Vespa Klasik dimaksukan dalam serie anniversary tersebut, yaitu Vespa New PX dan Vespa Primavera.

Akan tetapi saat itu optimisme keberlanjutan Vespa New PX sebagai perlambang Vespa Klasik terbilang masih tinggi, mengingat adanya beberapa sentuhan baru yang diusung dalam Vespa New PX MKII jelang peringatan hari jadinya ke 40 salah satu serie terbaik Vespa tersebut.

Nama besar Vespa serie PX seakan melupakan satu serie Vespa Klasik paketan anniversary edition 70 tahun Vespa, yakni Vespa Primavera. Padahal secara “tua,” serie Vespa Primavera lebih dahulu keluar dibanding serie Vespa PX yang baru muncul di 1977.

Cukup dimaklumi mengapa hal ini terjadi, dimana salah satunya adalah begitu berubahnya tampilan fisik serta teknologi yang diusung Vespa serie Primavera, dibandingkan dengan tampilan serie terakhir generasi kedua (manual) kategori Vespa smallframe tersebut.

Publik Vespa khususnya seakan belum dapat menerima perubahan radikal dari serie Vespa Primavera. Langsung mengusung teknologi generasi ketiga skuter (Matic berbasis CVT) serta tampilan fisik yang berubah sama sekali, Vespa Primavera Matic hanya menyisakan nama serie saja dari Vespa Klasik kelahiran 1968 ini.

Tongkat estafet Vespa Klasik menghadapi perubahan teknologi dalam dunia skuter secara perlahan namun pasti makin kokoh dipegang oleh Vespa Primavera. Hal ini ditandai dengan keluarnya serie 50 tahun Vespa Primavera di 2018. Ditambah lagi saat dunia skuter memasuki generasi keempat, Vespa mengeluarkan Elettrica yang berbasis body Vespa Primavera.

Dengan demikian apabila diamati Piaggio terus mengembangkan Vespa tanpa meninggalkan dasar Vespa Klasik, paling tidak diserie-serienya Vespa Klasik terus berlanjut dengan segala perubahan teknologi yang mengikuti zaman. Kalau begitu mengapa kita secara penggemar terus dihantui oleh halusinasi adanya gap antara Vespa Klasik dengan Vespa Matic? padahal telah hadir Vespa Listrik. │Om Beng IVD Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *