Menyusuri 7 Tahun Kiprah Piaggio Indonesia Di Dalam Negeri

Share info

Sejak menginjakan kaki pertama kali pada akhir semester satu tahun 2011 dalam era skuter matic, Piaggio Indonesia (selanjutnya PID) sebagai pemilik merk resmi Vespa dan Piaggio di Indonesia, telah menunjukan langkah-langkahnya dalam dunia pervespaan dalam negeri. Langkah-langkah ini memang diharapkan dapat memberikan konstribusi nyata atas pengembangan dan perkembangan dunia Vespa khususnya dan dunia otomotif pada umumnya di Indonesia, namun apakah memang demikian adanya?

Ada beberapa hal yang menjadi pengamatan penulis dalam menyikapi pertanyaan maupun judul artikel diatas dengan menyandingkannya pada kenyataan dilapangan.

1. Membawa Serie Terbaru
Sebagai pemegang merk tunggal tentunya PID memiliki tanggung jawab dalam membawa serie-serie terbaru Vespa ke Indonesia. Dari serie reguler hingga edisi spesial kini nampak sudah terlihat di jalan-jalan. Dari Vespa LX hingga Vespa 946, dari Vespa New PX variant akhir hingga Sei Giorni tidak sulit lagi kita jumpai. Hampir 10 series serta lebih dari 10 varian Vespa dalam kurun waktu 7 tahun (2011-2018 saat artikel ini dibuat) telah dihadirkan PID di Indonesia. Bandingkan dalam era sebelumnya, hanya ada 4 serie Vespa matic dengan kwantitas terbatas yang hadir di Indonesia dalam kurun waktu 16 tahun (1996-2010).

2. Membawa Teknologi Terbaru
Selaras dengan masuknya serie-serie Vespa terbaru, tentu hal ini diiringi dengan masalah pengembangan teknologi yang mengikutinya. Tentunya masih belum hilang ingatan saat Vespa LX generasi 2V begitu hebohnya, sehingga tampilan fisik Vespa Matic tersebut berhasil mengeyampingkan tingkat kenyamanan atas teknologi yang ditanamkannya. Sedikit demi sedikit penggemar Vespa mulai menyadari saat generasi teknologi mesin 3V hadir menggantikan generasi sebelumnya. Sehingga kemudian dimunculkan teknologi I-Get yang diusung Vespa Matic generasi berikutnya. Tidak sampai di I-Get saja, Vespapun mencomot generasi mesin terbaru saudara sekandung Vespa yakni Piaggio. Penggunaan teknologi Quasar dalam serie Vespa GTS 300 membuktikan bahwa inovasi kecanggihan teknologi Vespa terus hadir di Indonesia. | Om Beng (bersambung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *