Catatan Akhir Tahun 2017: Beberapa Cara Pemberian Identitas Penamaan Vespa Dalam Era Modern

Share info

Mengikuti perjalanan Vespa dalam tahun 2017 tidak kalah menarik dengan masa-masa sebelumnya. 2017 menjadi tahun pembuktian berikutnya dari komitmen Piaggio Indonesia untuk terus memajukan dunia Vespa di tanah air. Walau agak tidak selalu baru (bila dibandingkan dengan negara-negara lainnya) dalam meluncurkan serie Vespanya di tahun ini, namun jejak serie yang dikeluarkan oleh Piaggio cukup menyegarkan bagi penggemarnya di Indonesia.

Banyak sekali hal menarik yang teramati dan tercatat. Kali ini Saya mencoba untuk mengangkat tulisan mengenai beberapa cara pemberian identitas Vespa dalam era modern (matic). Dimana dalam tahun 2017 ini keluar serie Vespa yang mendukung tambahan data akan hal tersebut, sebagaimana caption singkat dalam account sosial media Saya beberapa waktu lalu.

1. Penciptaan terbaru secara serie
Pemberian identitas Vespa atau penamaan sebuah serie Vespa dalam era modern secara serie ditandai dengan peluncuran Vespa LX Series jelang Vespa perayakan ulang tahunnya yang ke 60 di 2006 dengan mengusung teknologi skuter generasi ke 3.

Mengapa saya tidak memasukan Vespa ET Series yang muncul di tahun 1996 serta Vespa Granturismo yang hadir di tahun 2003 dalam kategori penciptaan identitas baru secara serie ini? Karena secara kode penamaan ET telah hadir di tahun 1976 melalui Vespa ET3 (Elettronica Tre Travasi). Bergitupun halnya dengan Vespa Granturismo walau secara pengembangan teknologi serie ini hadir bertransmisi matic di tahun 2003, namun secara kode penamaan Vespa Gran Turismo (GT) telah lahir di tahun 1966. Dengan demikian kedua serie tersebut terus berkembang melalui penamaan Vespa ET4 dan Vespa Granturismo serta serie GT lainnya.

Lain halnya dengan LX Series, Vespa ini mengusung identitas penamaan baru dengan teknologi mengikuti jamannya. Selain itu juga yang termasuk dalam kategori ini adalah Vespa S serta Vespa 946.

2. Modifikasi tampilan dan teknologi atas serie sebelumnya.
Kategori kedua Piaggio dalam memberikan identitas Vespa di era modern ini ialah melalui modifikasi tampilan serta pengembangan teknologi dari yang sebelumnya. Dalam kasus ini contoh yang paling gamblang adalah lahirnya kembali Vespa Sprint series, vespa Primavera dan Vespa PX series dalam era modern.

Untuk terus menyambung serie manual (klasik) kedalam era matic (modern) Piaggio berupaya tidak melupakan akar yang membesarkan nama Vespa. Pemilihan Vespa Sprint series (dilansir pertama kali tahun 1965), Vespa Primavera series (muncul pertama kali di tahun 1968) serta Vespa PX series (lahir di tahun 1977) untuk “dimudakan kembali” cukup bisa diterima oleh para “klasik fanatik” di Indonesia.

Pengembangan serie dalam kategori inipun terlihat terus dilakukan oleh Piaggio melalui Vespa Sprint Advantures hingga Vespa PX dan Vespa Primavera 70 Aniv. Walaupun ada dalam serie-serie tersebut infonya sudah tidak akan dikembangkan diwaktu mendatang.

3. Usungan kampanye global
Kemunculan (Vespa 946)RED (paling tidak seperti itulah cara menulis serie ini) di Indonesia pada 2017 menambah lagi data atas pemberian identitas penamaan Vespa dalam era modern ini. Setelah bekerjasama dengan Emporio Armani yang nota bene merupakan bagian dari kampanye global kedua brand tersebut dalam dunia fashion (Emporio Armani Vespa 946 diluncurkan di Indonesia tahun 2015), (Vespa 946)RED merupakan kolaborasi antara Vespa dengan RED Foundation dalam kampanye global menangani penyakit mematikan umat manusia.

Selain bekerjasama dengan pihak eksternal dalam kampanye global untuk menyematkan identitas penamaan serie Vespanya, secara internal penggunakan Anniversary Series dari Vespa merupakan salah satu cara Piaggio memberikan identifikasi penaaman serie untuk produk Vespa dalam kategori kampanye global ini.I Om Beng IVD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *